Selasa, 02 Oktober 2012

8 Manfaat Lain Gosok Gigi Untuk Kesehatan

     Kesehatan gigi & mulut sangat mempengaruhi kesehatan secara umum. Siapa sangka, kebiasaan utk menggosok gigi secara rutin bisa menurunkan berbagai risiko penyakit mulai dari gangguan jantung & pembuluh darah hingga impotensi.
     Beberapa manfaat menjaga kesehatan gigi & mulut yg sepintas tidak ada hubungannya dengan gigi antara lain sebagai berikut, seperti dikutip dari Detik.Com, Jumat (14/9/2012).
1. Mencegah penyakit Jantung
    Sebuah penelitian yg dimuat di American Journal of Medicine pada tahun 2012 membuktikan, lansia yg secara teratur menjaga kebersihan gigi cenderung memiliki risiko yg lebih kecil utk terkena penyakit jantung.
2. Mencegah stroke
    Penelitian yg sama juga menunjukkan, bahwa kunjungan rutin ke dokter gigi akan menurunkan risiko stroke.
3. Mencegah Penyakit Paru-Paru
    Pneumonia atau radang paru-paru kronis bisa juga dicegah dengan menjaga kebersihan gigi. Penelitian tahun 2011 yg dimuat di Journal of Periodontology menunjukkan bahwa kebersihan gigi bisa mengurangi risiko pneumonia maupun Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK) yg dipicu oleh masuknya bakteri dari mulut ke paru-paru.
4. Mencegah Kesehatan Bayi Dalam Kandungan
    Penelitian tahun 2007 menunjukkan bahwa ibu hamil yg menjaga kesehatan gigi cenderung melahirkan bayi yg lebih sehat, jarang lahir prematur atau berat badannya rendah. Tidak diketahui pasti apa hubungannya, tetapi para ahli menyarankan agar para ibu rajin-rajin sikat gigi saat hamil.
5. Mengendalikan Nafsu Makan
    Gosok gigi bisa menjadi indikator bagi otak, sebagai sinyal bahwa waktu makan telah habis. Kebiasaan gosok gigi setelah makan akan menghindarkan seseorang dari perilaku makan berlebih karena rasa makanan jadi berbeda setelah ada reaksi dengan pasta gigi.
6. Menunda Pikun
    Penelitian tahun 2010 di New York University menunjukkan bahwa radang gusi berhubungan dengan peningkatan risiko pikun, khususnya akibat penyakit Alzheimer. Karna radang gusi bisa dicegah dengan gosok gigi, maka secara tidak langsung gosok gigi juga menunda pikun.
7. Mencegah impotensi
    Radang gusi juga berhubungan dengan peningkatan risiko impotensi atau lemah syahwat pada laki-laki. Menurut sebuah penelitian, laki-laki yg menderita radang gusi lebih banyak mengalami impotensi mulai dari tingkat keparahan sedang hingga sangat parah.
8. Mencegah Radang Gusi
    Tidak terlalu aneh memang, jika dikatakan bahwa kebersihan gigi bisa mencegah radang gusi. Hasil penelitian di National Insititute of Dental and Craniofacial Research juga menyarankan utk gosok gigi 2x sehari jika tidak ingin gusinya gampang bengkak.

0 komentar:

Posting Komentar