Jumat, 18 April 2014

Manfaat Cokelat


     Cokelat selain merupakan makanan yg lezat & banyak digemari ternyata memiliki banyak manfaat. Berikut ini manfaat cokelat:

A. Manfaat Cokelat Bagi Kesehatan
B. Manfaat Cokelat Untuk Menjaga Kecantikan Kulit


A.   Manfaat Cokelat Bagi Kesehatan

Berikut ini adalah Manfaat Cokelat Bagi Kesehatan:

1.       Tinggi antioksidan
Cokelat mengandung flavanols, sejenis flavanoid yg berfungsi sebagai anti oksidan & membantu menangkal radikal bebas di dalam tubuh.

2.       Menurunkan Tekanan Darah
Cokelat hitam dari beberapa hasil penelitian mampu menurunkan tekanan darah pada orang yg mempunyai tekanan darah tinggi.

3.      Menurunkan LDL Kolesterol 
Makan cokelat hitam secara teratur telah terbukti dapat menurunkan kolesterol  LDL sebanyak 10 persen

4.      Anti Depresi Alami
Cokelat mengandung serotonin, anti-depresan alami. Cokelat juga merangsang produksi endorphin, yg menciptakan perasaan bahagia & senang. Bahkan, dari salah satu penelitian menemukan bahwa cokelat yg  meleleh di dalam mulut  akan menghasilkan perasaan menyenangkan yg jauh lebih lama dari pada berciuman penuh gairah. Hal ini mungkin menjelaskan mengapa banyak orang akan memakan cokelat ketika mereka sedang tertekan.

5.      Pelawan Kanker 
Beberapa penelitian telah menemukan cokelat menjadi salah satu makanan terbaik melawan kanker bersama dengan makanan seperti anggur merah, blueberry, bawang putih, dan teh. Dua cara bagaimana cokelat bekerja untuk melawan kanker, yg pertama adalah dengan menghambat pembelahan sel dan yg kedua adalah mengurangi peradangan.

6.      Mencegah Kerusakan Gigi
Penelitian telah menemukan bahwa theobromine dalam cokelat mampu mencegah kerusakan gigi dengan menghilangkan streptokokus mutans, bakteri yg ditemukan di rongga mulut yg memberikan kontribusi terhadap kerusakan gigi.

7.      Memperpanjang Umur & Mengurangi Penyakit 
Hasil penelitian di Belanda yg diikuti 200 pria di atas 20 tahun, menemukan bahwa mereka yg mengkonsumsi sejumlah besar cokelat, baik cokelat susu & cokelat hitam, hidup lebih lama & telah menurunkan tingkat penyakit keseluruhan daripada pria yg makan cokelat sedikit atau tidak. Untuk memperkuat hasil penelitian tersebut, ternyata Jeanne Louise Calment salah satu orang tertua, hidup sampai usia 122 mempunyai resep panjang umur bahwa dia mengkonsumsi cokelat hitam sebesar 2,5 pon dalam seminggu.

8.      Tinggi Magnesium
Tanaman kakao mengandung lebih tinggi magnesium dibandingkan dengan tanaman lain. Magnesium adalah mineral penting yg membantu dalam proses regulasi sistem pencernaan, saraf & kardiovaskuler. Karena itu banyak orang yg mengalami kekurangan magnesium, menambahkan cokelat hitam yg kaya akan magnesium untuk dapat meningkatkan kesehatan tubuhnya secara keseluruhan.

9.      Pembersih Arteri
Penelitian telah menunjukkan bahwa antioksidan yg dikandung dalam kakao mampu bekerja seperti sapu yg membersihkan plak di dinding arteri.

10.   Kesehatan Otak 
Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa cokelat hitam baik untuk kesehatan otak. Para peneliti di Johns Hopkins University menemukan bahwa cokelat mampu melindungi sel saraf otak  dari kerusakan yg lebih lanjut pada saat terjadi serangan stroke . Cokelat hitam  juga telah diketahui mampu untuk meningkatkan memori otak manusia. Para peneliti di Institut Salk California menemukan bahwa suatu bahan kimia  dalam cokelat yg disebut epikatekin mampu meningkatkan memori tikus.



B.   Manfaat Cokelat Untuk Menjaga Kecantikan Kulit

     Cokelat dimanfaatkan untuk perawatan kulit karena cokelat mengandung zat antioksidan yg sangat banyak sehingga mampu menangkal radikal bebas yg dapat menyebabkan terjadinya penuaan dini. Selain itu, cokelat juga mengandung kolagen yg dapat menghilangkan flek hitam bekas jerawat. Dan amannya lagi, cokelat sangat baik untuk semua jenis kulit.

      Berikut ini adalah Manfaat Cokelat Untuk Menjaga Kecantikan Kulit:

1.       Scrub
Cokelat bubuk dapat digunakan sebagai scrub, caranya dengan mencampurnya bersama yoghurt. Scrub ini dapat bermanfaat untuk membersihkan kulit dan mencerahkan kulit serta mengganti sel-sel kulit yang telah mati. Oleskan scrub cokelat pada wajah, lalu diamkan selama kurang lebih 5 menit dan bilas dengan menggunakan air bersih.

2.       Anti-ageing
Cokelat mengandung flavonoid yg dapat meningkatkan elastisitas kulit & mencegah penuaan dini. Caranya, lelehkan cokelat dalam susu kemudian pijatkan pada kulit. Lakukan secara rutin sebanyak 2 sampai 3 kali dalam seminggu untuk mencegah timbulnya garis-garis halus.

3.      Detoksifikasi kulit
Cokelat bubuk bila dicampurkan dengan kafein dapat menjadi produk kecantikan yg baik untuk detoksifikasi / Penetralan toksin dalam kulit. Caranya dengan mencampurkan cokelat bubuk & kafein kemudian oleskan pada kulit untuk mengatasi kulit berminyak dan kusam.

4.      Mencerahkan kulit
Cokelat dapat menjaga kecantikan kulit jika digunakan untuk facial. Caranya dengan menccampurkan cokelat bubuk, susu, madu & oatmeal kemudian oleskan pada kulit wajah & leher. Kemudian diamkan selama kurang lebih 15 hingga 20 menit lalu bilas menggunakan air dingin sampai bersih.

5.      Mencegah penggelapan kulit



Kerusakan pada kulit dapat terjadi akibat paparan sinar matahari. Anda dapat melindungi kulit dari sinar matahari dengan memanfaatkan cokelat karena cokelat mengandung antioksidan & flavonoid untuk mencegah terjadinya penggelapan pada kulit.

2 komentar: