Sabtu, 10 November 2012

Fakta Unik Tentang Keringat

   
  Pernah berkeringatkan? Pastinya setiap orang pernah mengeluarkan keringat, namun taukah Agan/Sista  keringat keluar dari tubuh Agan/Sista ternyata bisa dengan cara yg berbeda beda lho.. Selain itu keringat juga memiliki fakta unik juga. Nah Agan/Sista ingin tau fakta unik seputar keringat? Simak Fakta Unik Seputar Keringat berikut ini:
1. Keringat Bisa Karena Menahan Rasa Sakit
    Apakah Agan/Sista merasa berkeringat lebih dari orang rata-rata? Itu bisa saja. Sekitar 1- 3 persen dari populasi mengalami hiperhidrosis yakni suatu kondisi yg ditandai dengan keringat berlebihan karena kelenjar keringat overaktif. Meskipun penyebab pasti dari hiperhidrosis tidak diketahui, gejala biasanya mulai sekitar remaja.
“Orang-orang akan berkeringat tanpa alasan yg jelas, tidak ada bedanya jika mereka berada dalam ruangan yg sejuk & tidak merasa stress. Daerah yg paling terpengaruh oleh hiperhidrosis adalah: Ketiak, tangan, kaki, & wajah.
2. Banyaknya Keringat Pengaruhi Tingkat Kebugaran
    Ketika menguap pada kulit, air keringat mendinginkan tubuh Agan/Sisga. Ini bertujuan mencegah panas tubuh yg berlebihan. Menurut Komunitas Hiperhidrosis Internasional, atlet lebih berkeringat dari pada orang-orang biasa, karena tubuh mereka telah beradaptasi dengan jumlah keringat yg mereka keluarkan.
3. Keringat Pria Lebih Banyak Dari Pada Keringat Wanita
     Secara umum, pria memproduksi keringat lebih banyak dari pada perempuan, sekitar empat kali lebih banyak per harinya. Kedua jenis kelamin memang memiliki kelenjar keringat dalam jumlah sama, tetapi karena laki-laki memiliki tubuh lebih besar, mereka pun memiliki permukaan yg kulit lebih luas untuk didinginkan belum lagi variasi hormonal yg menyebabkan mereka berkeringat lebih banyak.
4. Jenis Keringat Berbeda-Beda
    Meskipun Agan/Sista mungkin menganggap semua keringat semua sama, sebenarnya ada 2 jenis keringat, Ada kelenjar keringat Ekrin yg bertanggung jawab untuk memproduksi ‘keringat air’ yg sebagian besar terdiri dari air & garam. Kelenjar ini ditemukan di seluruh tubuh, tapi biasanya lebih terkonsentrasi pada tangan, kaki & wajah.
    Sementara itu, kelenjar keringat Apokrin memproduksi keringat lebih sedikit, terletak di folikel rambut seperti di ketiak & bertanggung jawab untuk bau yg mengandung keringat.
5. Stress Identik Dengan Keringat
     Jika berkeringat disebabkan stres, Agan/Sista tidak sadar dapat mengirim ketegangan pada orang di sekitar Agan/Sista. “Ketika stres, keringat akan keluar dari kedua kelenjar yakni: kelenjar bau keringat & kelenjar air keringat. Ini berarti bahwa segera setelah mulai merasa stress, Agan/Sista bisa memancarkan aroma yg terdeteksi oleh orang lain.

1 komentar: