Jumat, 10 Juni 2016

Cara Mengatasi Sering Telat Menstruasi



Sering Telat Menstruasi


Sering Telat Menstruasi? Jangan Panik, Ambil Jeruk Nipis. Berikut Caranya

Anda  mungkin sering mengalami menstruasi yg datang terlambat. Jangan panik jika ini terjadi. Simak penjelasan berikut ini untuk mengatasi masalah tersebut:

Menstruasi adalah siklus bulanan dimana lapisan pada dinding Rahim yg berisi darah  yg keluar dari vagina karena tidak terjadinya pembuahan. Siklus menstruasi antara wanita satu dengan yg lain umumnya berbeda – beda. Siklus menstruasi normal terjadi setiap 21 – 35 hari dengan rata – rata menstruasi 3 – 7 hari.


Beberapa faktor yg menyebabkan seseorang wanita terlambat menstruasi diantaranya:

1. Stress:
Banyak wanita yg tidak menyadari bahwa salah satu faktor dari menstruasi yg dating terlambat adalah karena stress. Stress dapat menyebabkan tekanan dalam tubuh meningkat sehingga mengurangi produksi hormon GnRh dalam tubuh.

2. Kegemukan:
Ternyata mempunyai tubuh yg gemuk juga menyebabkan terlambat datangnya menstruasi. Hormon dalam tubuh menyebabkan siklus menstruasi berubah. Nah, untuk para wanita sebaiknya jangan sampai terlalu gemuk.

          3. Mengonsumsi Obat:
    Jika Anda sedang dalam proses pengobatan maka bisa jadi siklus menstruasi Anda akan berubah. Salah satu contoh obat yg memperlambat menstruasi adalah obat sakit telinga

4. Pra – Menopause:
    Pra – Menopause adalah saat transisi antara usia produktif ke usia non – produktif. Terkadang menstruasi tidak teratur, kadang banyak, kadang sedikit.

Untuk mengatasi terlambatnya menstruasi ini Anda bisa menggunakan jeruk nipis & istirahat yg cukup. Berikut ini penjelasannya:

          1. Jeruk Nipis:
Jeruk nipis yg biasanya kita gunakan untuk membuat es ternyata mempunyai kandungan yg luar biasa, diantaranya asam askorbat, zink, fosfor, mineral, kalsium, kalori serta zat – zat yg dibutuhkan tubuh. Jeruk nipis berkhasiat untuk memperlancar menstruasi

Berikut caranya: Jeruk nipis diperas kemudian ambil tiga sendok makan, campur dengan satu sendok madu & 2 gelas air hangat. Aduk hingga rata kemudian minum saat keadaan masih hangat. Minumlah 3x dalam sehari

2. Istirahat yg cukup
            Kelelahan & stress dapat menyebabkan banyak pikiran yg nantinya akan berpengaruh pada hormon – hormon dalam tubuh sehingga menyebabkan menstruasi dating terlambat. Untuk itu pastikan Anda memiliki waktu yg cukup untuk istirahat & rajin berolahraga.


Semoga artikel ini bisa bermanfaat~
Sampai jumpa diartikel berikutnya ^_^

0 komentar:

Posting Komentar