Kamis, 04 Oktober 2012

5 Hal Ini, Otak Manusia Lebih Pintar Dari Komputer


     Komputer merupakan mesin yg sangat canggih & cerdas. Otak manusia saja terkadang mampu di kalahkan oleh kecerdasan komputer, namun tetap saja yg namanya mesin selalu ada kekuranganya. Nah hal-hal berikut ini ternyata otak manusia lebih pintar dari pada kompter kamu. Mau tahu apa aja itu, simak 5 Hal ini Otak Manusia Lebih Pintar Dari Komputer berikut ini:

1) Bermain Go atau catur China
    Go adalah permainan semacam catur yg dimainkan pertama kali di China lebih dari 2.000 tahun yg lalu. Papan Go ditandai dengan 19×19 petak & dimainkan oleh dua orang yg masing-masing menjalankan batu berwarna hitam dan putih.
    Pemain dapat menempatkan batu di mana saja pada papan Go & masing-masing pemain harus berusaha memperluas wilayah kekuasaannya dengan membuat dominasi papan GO dengan batu warna putih atau hitam.
    Ada ratusan taktik pada permainan ini yg dapat dilakukan utk mengalahkan lawan. Permainan Go juga dapat dimainkan pada komputer & Agan/Sista juga dapat melawan komputer. Tetapi dalam hal ini, otak komputer tidak mampu menyaingi otak manusia.
    Manusia berusaha merancang program komputer utk permainan Go yg mendekati atau meniru pola pikir otak manusia. Tapi ketika mesin-mesin dalam komputer telah mengambil alih permainan, otak manusia bekerja lebih baik & mampu mematahkan langkah yang diambil oleh komputer

2) Memecahkan teka-teki silang
    Pada akhir tahun 90-an, Will Shortz, seorang master & pembuat teka-teki silang pada harian New York Times menyatakan bahwa komputer tidak akan pernah mampu bersaing dengan manusia dalam memecahkan teka-teki silang.
    Kemudian, Michael Littman seorang ilmuwan komputer dari Duke University menantang Shortz dengan merancang sebuah program komputer utk memecahkan teka-teki silang dengan cepat. Program buatan Littman bahkan masuk dalam 1999 Annual American Crossword Puzzle Tournament.
    Setelah diadu, ternyata program komputer tersebut tidak mampu mengalahkan kecepatan & ketepatan otak manusia dalam menyelesaikan teka-teki silang. Komputer memecahkan teka-teki silang dengan memilah-milah petunjuk dari data basenya. Komputer tidak pernah diprogram utk menangani jenis petunjuk yg berada di luar data basenya.

3) Bermain Starcraft
    Starcraft adalah permainan video real-time yg memerlukan strategi utk mengalahkan musuh dalam permainan yg berupa pertempuran tersebut. Manusia dapat bermain dalam mode single-player atau melawan komputer & juga dapat bermain dengan sesama manusia lainnya.
    Starcraft merupakan salah satu permainan yg menawarkan tantangan teknis utk algoritma komputer karena kompleksitasnya. Ada hampir 100 unit strategi yg berbeda & seorang pemain dapat memilih variasi permainan ya)g tak terhitung jumlahnya.
    Pada tahun 2010, pemain starcraft ternama di Spanyol berhasil dikalahkan oleh Berkley Overmind, sebuah program komputer yg dikembangkan oleh mahasiswa fakultas ilmu komputer dari UC Berkeley.
    Tetapi kecerdasan komputer buatan masih kalah jauh utk mengalahkan kecerdasan otak manusia dalam melakukan permainan ini. Komputer mungkin dapat melampaui otak manusia jika dihadapkan pada kecepatan permainan, tetapi komputer tidak mampu melakukan keseluruhan strategi yg diperlukan utk memecahkan permainan ini.

4) Menciptakan Karya Seni
    Seni didefinisikan sebagai produk atau proses yg memiliki makna simbolis yg mempengaruhi satu atau lebih indera, emosi & kecerdasan. Manusia telah menciptakan seni sekitar puluhan ribu tahun yg lalu.
    Seniman pada masa purbakala telah mampu mengukir atau menggambarkan karyanya pada gua-gua atau kerang laut. Kini beberapa seniman menggunakan cat utk melukis, menggunakan kayu utk memahat, & menggunakan tanah liat utk menciptakan patung.
    Komputer menyebut program seperti photoshop & illustrator sebagai seni yg mengandalkan kode-kode tertentu seperti java utk bekerja. Tapi seni pada komputer tidak benar-benar dibuat oleh komputer karena manusia memfasilitasi penciptaannya dengan kreativitasnya.
    Otak manusia jauh lebih unggul dalam bidang seni dibanding otak komputer. Seni yg dihasilkan oleh komputer adalah salah satu yg sepenuhnya dikembangkan oleh kecerdasan buatan. Komputer tidak mampu menghasilkan karya yg mengandung unsur emosional seperti yg dapat diciptakan oleh otak manusia.

5) Penulisan
    Seperti penciptaan seni, otak manusia lebih mendominasi kemampuan dalam hal penulisan dibanding hal yg dapat dilakukan oleh komputer. Meskipun komputer dilengkapi oleh program yg mampu mengoreksi kata-kata jika penggunanya melakukan kesalahan dalam hal penulisan, tetapi otak manusia memiliki fungsi penulisan yg jauh lebih baik.

1 komentar: