Kamis, 04 Oktober 2012

6 Mitos & Fakta Tentang Kesehatan

    
     Pasti ketika kamu kecil orang tua kamu sering menasehati masalah kesehatan, seperti banyak makan wortel baik utk mata kamu atau terlalu banyak bersila akan menyebabkan varises, padahal banyak fakta-fakta tersebut ada yg benar & salah sehinga dapat menimbulkan kebingungan. Nah berikut ini ada 6 Mitos & Fakta Seputar Kesehatan yg palingseru,  dikutip dari vivanews. Agan/Sista mau tahu apa aja itu, simak berikut ini.

1) Wortel bantu melihat dalam gelap: BENAR
    Sayuran berwarna oranye ini memang kaya akan nutrisi yg dapat menjaga mata Agan/Sista agar tetap sehat. Catherine Collins, ahli gizi utama di Rumah Sakit St George, London, mengatakan, “Wortel mengandung lutein, yg membantu melindungi terhadap degenerasi mata saat usia bertambah.”
    Wortel juga mengandung Vitamin A, yg membantu melindungi mata dengan menyerap energi cahaya yg melewati ke dalamnya. Peningkatan kadar Vitamin A memungkinkan mata Anda menyerap lebih banyak energi & menjadi lebih sensitif terhadap cahaya redup, ini dapat membantu Agan/Sista utk melihat secara lebih efektif di malam hari.

2) Duduk bersila, sebabkan varises: SALAH
   Salahkan gen Agan/Sista, bukan posisi Agan/Sista duduk yg menyebabkan varises. Mark Whiteley, dari Nuffield Health mengatakan, “Tidak diketahui mengapa beberapa orang mengembangkan tentang varises ini & bukan hal lainnya.”
    “Apa yg diketahui adalah bahwa varises cenderung terjadi dalam keluarga. Ini lebih umum (terjadi) saat usia bertambah & lebih umum terjadi dengan orang-orang yg kelebihan berat badan. Tidak ada bukti bahwa menyilangkan kaki Anda akan menyebabkan varises,” kata dia.

3) Flek pada kuku, berarti Agan /Sista membutuhkan kalsium: SALAH! 
    Dr David Fenton dari Rumah Sakit St George, London, mengatakan, “Ini adalah dongeng jaman dulu yg menyebutkan bahwa indikasi ini menunjukkan kurangnya kalsium atau mineral. Itu hanyalah sebuah pertanda dari kuku yg rusak & tidak perlu dikhawatirkan.”
    Bagaimanapun, alur vertikal pada kuku menunjukkan kekurangan zat besi ataupun Vitamin B.

4) Merasa kedinginan, jika pergi dengan rambut yg basah: SALAH!
    Professor Ron Eccles dari Common Cold Centre di Cardiff mengatakan, “Anda bisa keluar rumah dengan rambut basah setiap hari dan tidak akan masuk angin, asalkan Anda tidak tertular pilek dari orang lain.”

5) Menelan permen karet, bisa memblok perut Agan/Sista: SALAH!
    Dr. Paula Franklin dari Bupa mengatakan, “Mitos bahwa permen karet tetap berada di dalam perut selama bertahun-tahun & mem-blok saluran pencernaan Anda mungkin berasal dari pernyataan bahwa itu susah utk dicerna.”
    Jika Anda tidak sengaja menelan permen karet, memang tidak akan segera tercerna. Namun ini berarti permen tersebut akan berada dalam tubuh selama beberapa hari.”
“Permen karet bebas gula menggunakan sorbitol sebagai pemanis yg jika tertelan, dapat memberikan diare,” kata dia.

6. Makan pisang bisa membuat Agan gendut: SALAH!
    Hanya ada setengah gram lemak & 95 kalori dalam sebuah pisang. Mereka sedikit berenergi lebih tinggi ketimbang buah-buahan yg lain tetapi kalori itu datang dari karbohidrat yg sebenarnya bagus utk dikonsumsi sebagai pengganti ‘bahan bakar’ di tubuh Agan/Sista usai olahraga. Pisang penuh dengan kalium yg membantu menurunkan tekanan darah ditambah Vitamin B6 yg bagus utk kulit & rambut.

1 komentar: